Tuesday, November 3, 2015

Jika James Bond dibuat di Indonesia (1)

by Ftrohx


Ok, sebelum masuk ke pembahasan, kita mulai dari siapa sih cast Indonesia yang cocok jadi James Bond.

Menurut survei, ada beberapa nama; Abimana, Joe Taslim, Ario Bayu, Vino Bastian, dan Herjunot Ali. Jajaran artis pria teratas plus Ariel Noah (yang jadi pilihan gw sendiri.)

Pertama tentang Abimana, ok perannya bagus di Serigala Terakhir juga di film 3 Alif Lam Mim. Wajahnya, mentalnya, dia cocok untuk bermain film action. Tapi karena belakangan dia sering bermain di film religius menurut gw jelas kita mis-cast.


Kedua Joe Taslim, Bang Bram bilang Joe Taslim cocok loh. Ok, dia memang sangat berbakat, dia menjadi antagonis sekaligus protagonis, dan dia punya pengalaman bermain action di Hollywood. Dia flamboyan, eksklusif, tapi untuk Bond, Bang Joe menurut gw lebih cocok jadi rivalnya daripada jadi protagonisnya.

Lalu tentang Vino, ok dia memang 'Bad Boy', dia punya pengalaman di bidang action thriller, dan dia biasa bermain sebagai pemeran utama. Tapi menurut gw, Vino itu seperti Tiram, dia memang terlihat keras diluar 'Bad Boy', tapi di dalamnya adalah memiliki kelembutan ala Mr Nice Guy. Iya, menurut gw dia lebih cocok jadi karakter detektif seperti L. Lawliet daripada Bond.

Kemudian Herjunot Ali, Ok dibeberapa filmnya belakangan ini, dia bermain dengan adegan ciuman dengan lawan jenis. Pevita, Raline, dan seterusnya. Ok, ada banyak daftar cewek cantik di sana, dan perannya pun belakangan selalu flamboyan, Ferre (Supernova) Zabir (Van DerWijck) dan seterusnya. Ok, dia punya pengalaman dan dia sudah punya image publik, tapi itu saja nggak cukup untuk jadi Bond.

Bond itu nggak dibuat-buat, Bond itu takdir, sesuatu yang tertulis di dalam DNA-nya. Jika bicara tentang Junot, menurut gw dia kasusnya mirip dengan VIno, ada Mr Nice Guy di dirinya, Mr Nice Guy yang coba dia sembunyikan.

Lalu Ario Bayu, ok membayangkan Ario Bayu otak gw langsung memutar lagu "Writing on the Wall" dari Sam Smith. Di banding beberapa nama yang gw sebut sebelumnya, menurut gw Ario Bayu itu aktor yang mukanya paling Indonesia banget.

Tapi lebih dari itu dia punya ketangguhan, dia punya aura Bad Boys, dia punya pengalaman sebagai pemeran utama, dia punya pengalaman di film action serta pengalaman berperan sebagai karakter yang Grande aka Soekarno di film sebelumnya.

Bicara tentang image, iya film pertamanya saja sudah cukup greget dan berhasil membuatnya menjadi karakter Bad Boys yaitu "Catatan Harian Si Boy" lalu beberapa film selanjutnya. Dia membangun image sebagai karakter "Ladies Killer." Lalu di Soekarno, dia menjadi karakter abu-abu yang memilih pilihan-pilihan baik diantara yang terburuk, dan tentu saja dia berpoligami.

Apa yang kurang dari Ario Bayu? Dan jika orang-orang bertanya siapa aktor Indonesia yang cocok sebagai Bond? Maka gw bilang dia adalah Ario Bayu. Tapi itu hanya sebuah pilihan, sebenarnya ada sedikit keraguan gw terhadap Ario Bayu, aktingnya memang bagus, tapi Soekarno tidak begitu sukses. Mungkin sesuatu yang kurang dari Ario adalah faktor keberuntungan, faktor lain diluar dirinya, sesuatu yang tidak dia miliki. Dan menurut gw ada satu nama yang memiliki apa yang tidak dia miliki itu, satu nama artis Indonesia yaitu Ariel Noah.

Ok, jika harus memilih dan memberi rekomendasi, maka dua nama itu yang sangat gw rekomendasikan, Ario Bayu dan Ariel Noah.

Tentang Ario ada pasti sudah tahu kualifikasinya, tapi tentang Ariel, kenapa Ariel?

Ok, bicara tentang Ariel, gw pikir bahwa masih banyak hal yang belum kita eksplorasi tentang dia. Ada sesuatu yang magis menurut gw tentang Ariel, dan jika kita bisa keluarkan hal itu, itu bisa jadi sesuatu "BOOMM!" besar.

Contoh saat di film Laskar Pelangi -Sang Pemimpi, di saat kita melihat Arai dewasa, betapa mengejutkannya bahwa itu adalah Ariel. Meski dia cuma berkata "Hoi Boi, apakabar Boi?" tapi kita akan selalu mengenang itu.

Dan tentu saja, Ariel sukses membangun image-nya, bukan bukan, bukan image.

Gw ingat teori dari George Smiley bahwa pekerjaan Intelijen adalah membangun legenda, iya dia benar, membangun legenda jauh-jauh lebih baik daripada sekedar membangun image. Entah, apakah legenda itu benar atau bohong, yang kita tahu pasti bahwa legenda akan terus tertanam dan hidup di masyarakat.

Iya, kita tahu semua legendanya, Ariel seorang artis yang berkencan dengan banyak wanita cantik, ada belasan nama dalam daftarnya, yang lain bilang puluhan, dan semua yang ada di sana ada nama-nama artis perempuan paling top paling cantik yang ada di Indonesia.

Image bisa luntur, tapi legenda itu akan dikenang banyak orang, meski seburuk apapun atau sekonyol apapun legenda itu. Tapi dalam kasus Ariel dia tidak konyol dia keren euy, Hahaha... semua cowok pastinya ingin seperti dia.

Oh iya, jangan lupakan Nicholas Saputra dan Reza Rahardian, kalian pasti protes jika dua nama ini nggak gw masukan dalam daftar. Nicholas Saputra, dia lebih cocok jadi Rangga daripada James Bond, sedangkan Reza Rahardian, gw nggak pernah kepikiran kalau dia berperan sebagai James Bond,

Nb: kenapa dua nama ini nyaris gw lupakan, mungkin karena gw bukan fans-nya mereka, Hahaha...
.  .  .

Ilustrasi, dari exclaim.ca

No comments:

Post a Comment