Thursday, December 5, 2013

Curhatan tentang novel Sepuluh Tiga Satu

Curhatan tentang novel Sepuluh Tiga Satu

by Ftrohx


Harusnya projek novel kami ini diterbitkan sejak Juli 2012 kemarin, tapi kerena banyak kendala dan revisi di sana-sini, akhirnya kami baru memberanikan diri bulan juli 2013 untuk mengirimkan draft 1031 ke penerbit (ke sebuah penerbit major di Jakarta tepatnya.)

Nggak lama dua bulan berlalu awal September tiba-tiba draft novel 1031 yang kami kirim itu tiba-tiba sudah pulang ke rumah saya dengan sebuah surat pernyataan ditolak.

Saya sangat kecewa terutama pada diri saya sendiri, kenapa nggak dari juli 2012 aja dikirim kan hasilnya juga - pasti sama yaitu 'ditolak' buat apa di revisi sampai setahun.

Penolakan itu memberi pukulan yang telak bagi saya, dan saya mesti mengulang semuanya lagi dari awal. Saya mesti bisa menulis cerita yang jauh lebih baik daripada 1031. Tapi seberapa kerasnya pun saya berusaha, novel 1031 sampai saat ini adalah karya terbaik yang bisa saya buat.

Kenapa?

Karena berbeda dengan novel detektif lain yang saya buat, novel 1031 adalah yang paling mendekati kenyataan dari kehidupan real saya, banyak hal yang benar-benar saya alami - saya tuangkan ke dalam cerita draft novel tersebut. Tentang SMA 90 , tentang sahabat-sahabat saya, tentang mimpi-mimpi saya, tentang jatuh bangun yang saya alami.

Saya sering merenungkan kembali kenapa novel saya ditolak? Kemungkinan terbesar adalah karena saya belum punya nama kali diantara para penulis novel. Saya belum menghasilkan satu novel pun selain 'Sepuluh Tiga Satu'. Ini adalah karya perdana saya dan saya nekad mengirimnya ke penerbit major.

Dan dengan sangat terpaksa, setelah berdiskusi lama dengan Ariza akhrinya kami memutuskan untuk menerbitkan 'Sepuluh Tiga Satu' melalui penerbit indies. Saya tahu novel yang melalui penerbit major saja kadang, tidak sukses dijual ke pembaca apalagi melalui penerbit indies lebih tidak terkenal lagi.

Tapi saya punya keyakinan yang sangat tinggi bahwa suatu saat, ketika saya sudah punya nama dikalangan penulis dan para editor ataupun penerbit. Novel 1031 akan diangkat lebih tinggi lagi, saya percaya suatu saat 'Sepuluh Tiga Satu' akan dibuat versi film bioskop-nya.

No comments:

Post a Comment