Thursday, November 10, 2016

Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh

Final Fantasy Kingsglaive
By Ftrohx

Tulisan dibawah ini mengandung banyak spoiler


Sang Ksatria

Adalah Nyx Ulric, seorang prajurit Kingsglaive dari kerajaan Sihir Lucius. Kerajaan yang damai dimana hampir semua orang bisa mengendalikan api, kristal, dan petir. Namun kerena keajaibannya Kerajaan Lucius terus diserang oleh Niflheim, sebuah kekaisaran militer yang terus melebarkan sayapnya untuk menguasai dunia. Niflheim menginginkan Kristal Inti yang menjaga Kerajaan Lucius.


Kristal ajaib yang membuat Insomnia, Ibukota Lucius memiliki tembok raksasa yang tak tertembus meriam apapun. Semua orang tahu legendanya. Bahwa kekuataan kristal lebih dari itu. Bukannya hanya sebagai alat pertahanan namun juga sebagai senjata yang tak terkalahkan. Niflheim menginginkannya untuk mengubah dunia. Dan si Ksatria Nyx Ulric, berada ditengah perang itu. Nyx menjadi kuat karena kekuatan kristal dari Regis - Raja Lucius. Namun sang Komandan Dratus selalu memperingatkan si Ksatria bahwa kekuatan sihirnya hanyalah pinjaman dari sang Raja. Tanpa kekuatan dari sang Raja mereka tak ada apa-apanya dibanding manusia biasa.

Setelah pertempuran besar Nyx kembali ke Insomnia. Sebuah kota yang sangat megah dan selalu sibuk, penuh dengan cahaya, gedung-gedung bertingkat, dan mahakarya seni tingkat tinggi yang tak ternilai harganya. Mereka menyebutnya Insomnia - negeri yang tak pernah tidur. Di pusatnya terdapat bangunan raksasa yang terbentuk dari 4 menara. Di tengahnya lah terdapat Kristal Inti Kerajaan Lucius. Kristal yang selama berabad-abad melindungi negeri mereka dari serangan-serangan musuh.

Ksatria punya kisah sendiri, sebuah cerita yang tragis. Nyx Ulric adalah seorang imigran. Negeri asalnya sudah hancur oleh Niflheim. Si Ksatria berada di Lucius untuk membela Rajanya sekaligus untuk membalas dendam pada Niflheim yang telah membunuh keluarganya. Ksatria hidup sendiri, melihat potongan-potongan kesedihan yang tertempel di kamar kontrakannya sempit. Sambil menggenggam api, dia berharap masa depan negerinya menjadi lebih baik.

Sayangnya di pagi itu. Sang Raja mengumumkan hal penting, bahwa mereka akan menandatangi gencatan senjata dengan Kaisar Niflheim. Bahwa semua wilayah diluar tembok Insomnia akan jadi bagian dari Kekaisaran Militer tersebut. Sontak seluruh ksatria Kingsglaive marah. Semua yang mereka perjuangkan selama ini. Semua pertempuran dengan darah dan air mata seolah sia-sia dengan keputusan sang Raja. Nyx ingin memberontak keputusan tersebut. Namun ternyata sang Raja memiliki rencana lain dibalik itu.


Sang Putri

Adalah Princess Luna Freya of Tenebrae. Seorang Putri dengan kulit seputih gading dan rambut pirang seperti emas. Sempurna untuk kekasih yang hanya bisa kamu khayalkan yang tinggal di atas langit. Luna Freya terpenjara di negerinya sendiri, Tenebrae. Yang dua belas tahun lalu telah ditaklukan oleh Kekaisaran Niflheim. Mereka menaklukan kerajaan Tenebrae namun tanpa membunuh sang Putri, karena mereka tahu bahwa menurut ramalan kuno, sang Putri akan menjadi pemimpin dari dunia yang baru. Jikalau Niflheim, membunuh sang Putri maka mereka merusak keseimbangan dunia. Untuk itu kekaisaran menahannya selama mungkin untuk sebuah plot yang lebih besar.

Di pagi setelah berita datangnya kekaisaran Niflheim ke Insomnia disitupulalah sang Putri muncul. Luna Freya yang selama ini dikira sudah mati oleh King Regis ternyata masih hidup. Begitupula dengan rencana dahulu akan pernikahan sang Putri dengan Pangeran Noctis of Lucius akan bisa dilanjutkan.

Kedatangan mereka langsung disambut baik oleh King Regis of Lucius di singgasana emasnya. Sang Putri menunjukan tata kramanya sebagai seorang bangsawan begitu juga dengan sang Raja yang berkata dengan lembut.

"Saya mohon bergabunglah dengan Pangeran Noctis, susulah dia," ujar sang Raja.

Namun tuan Putri berkata. "Tidak yang mulia kemanapun saya pergi kekaisaran Niflheim akan terus mengikuti. Dan itu akan sangat membahayakan keselamatan Pangeran. Karena itu sudah jadi kewajiban saya untuk melindungi Pangeran dan memenuhi takdirnya."

Beuh, what a words from the Princess. "Lalu takdir kamu?" tanya sang Raja.

"Takdir saya adalah memenuhi kewajiban saya," ujar sang Putri dengan lantang.


Bintang Jatuh

Adalah dua entitas yang menjadi satu melindungi kerajaan Lucius yaitu King Regis dan Cincin Kristal Hitam. King Regis sang Raja tua yang menunggu detik-detik keruntuhannya, dan Cincin Kristal Hitam sang Permata yang memiliki kekuatan gaib untuk menaklukan dunia. Sayangnya, kekuatan cincin hitam itu terus menghancurkan tubuh rua sang Raja. Seperti stratosphere yang membakar benda langit yang jatuh ke bumi.

King Regis sudah tahu, umurnya tidak akan lama lagi. Begitupula dengan kerajaannya. Jadi dia membuat rencana dengan mengeluarkan Pangeran Noctis menjauh dari Insomnia. Lebih dari itu dia melihat ke masa depan. Bahwa kekejaman yang diperbuat oleh Niflheim tidak akan berarti apa dengan pembalasan dendam sang Pangeran. Karena itu disaat penandatangan perjanjian damai. King Regis berkata. "Apa yang mereka curi pasti akan kembali, karena begitulah takdirnya."

Perang hujan darah pun pecah tepat di tengah penandatanganan perjanjian damai. Niflheim berbuat curang dengan menempatkan bom di tengah-tengah gedung utama. King Regis menggunakan kekuatannya kristal yang berubah menjadi belasan pedang. Namun kekuatan itu tak cukup untuk melawan hujan peluru dan bom. Lalu maut datang untuknya dalam wujud monster besi bernama Jenderal Glauc, si Mesin pembunuh yang sangat kuat dan tidak mempan dengan sabetan petir. Para menteri yang ada di sana tewas begitupula para pengawal dari sang Raja. Hanya Regis yang berdiri sendirian saat tangannya ditebas dan cincin kristal hitam itu jatuh di lantai.


Fabula Nova Chrystallis

Cincin Kristal Hitam jatuh dan diambil oleh Ravus Nox Fluet dari Tenebrae. Sebagai pangeran sekaligus bangsawan yang memiliki darah ksatria dia sangat yakin bisa memiliki kekuatan dari cincin tersebut. Sayangnya si Cincin Hitam tidak mau menerimanya sebagai tuan yang baru. Justru kekuatan itu membakar tubuh Ravus. Cincin kembali bergulir dan kali ini jatuh ke tangan Princess Luna Freya yang datang ke sana bersama dengan si Ksatria Nyx Ulric.

Sementara itu sang Raja sekarat. Dia tidak dapat berbuat apa-apalagi selain memcipta tembok kristal untuk membantu mereka meloloskan diri. Kematian tragis sang Raja yang ditebas dari belakang oleh si Iblis Jenderal Glauc. Tapi kisah belum berakhir. Pasukan kekaisaran menyerbu masuk dari seluruh penjuru langit. Gedung-gedung hancur diledakan oleh meriam raksasa dari kapal perang udara Niflheim.

Sang Putri dan si Ksatria mencoba bertahan hidup dengan terus berlari dan berlari dari kejaran para pasukan kekaisaran. Sementara itu kenyataan pahit setelah kematian sang Raja. Bahwa semua Ksatria Kingsglaive kehilangan kekuatannya. Kini Nyx Ulric tak lebih hanya manusia biasa yang dengan mudahnya bisa berdarah dan mati. Tapi dengan segala keterbatasan manusia-nya, sang Ksatria tetap berusaha melindungi dan menyelamatkan sang Putri dari Iblis Glauc.

Hingga satu titik langkah mereka berhenti. Si Ksatria dijebak oleh kawannya sendiri sesama Kingsglaive. Satu demi satu peluru menembus tubuhnya. Si Ksatria nyaris hilang asa, sang Putri tak dapat ditolong. Namun si Putri cukup pintar dia menjebak lawannya untuk menggunakan Cincin Kristal Hitam yang justru membunuh pengkhianat tersebut. Tapi kejutan lain menanti di bawah. Sang Komandan Kingsglaive muncul yang ternyata tak lain adalah orang dibalik topeng Iblis Glauc. Dialah dalangnya, dialah penjahat yang menghancurkan Lucius, dialah pengkhianat yang membunuh sang Raja dan menghancurkan Insomnia dari dalam ulu hatinya sendiri.

Disaat paling buruk ini si Ksatria tak dapat berbuat apa-apa kecuali menjualnya sendiri untuk Cincin Kristal Hitam. "Apa tidak ada yang memberitahumu, akulah pahlawan di tempat ini," ujarnya sedetik sebelum dia mangambil cincin itu.

Duniapun berubah menjadi hitam dan gelap. Di hadapan si Ksatria berdiri para leluhur Raja-Raja Lucius yang terdahulu. Mereka menolak Nyx Ulric yang mengenakan cincin tersebut. Nyx bukanlah seorang bangsawan atau keturunan Raja. Namun si Ksatria bersikukuh, dia menginginkan kekuatan untuk bisa melindungi Insomnia dan orang-orang yang dia cintai termasuk sang Putri, apapun harganya aku rela termasuk menjual nyawaku. Para Iblis itu tertawa dan mereka memberikan Nyx Ulric kekuatan dengan syarat hidupnya tak lebih dari sang Surya terbit.

Waktu yang berhentipun kembali berputar dengan sebuah tebasan tepat dimuka si Ksatria. Ajaib, dia menahan tebasan itu hanya dengan satu tangan, dan tangannya yang lain melempar Jenderal Glauc dengan semburan petir. Benar-benar luar biasa. Tapi dia tahu kekuatan itu ada batasannya, karena itu dia meminta Tuan Putri untuk pergi dari Insomnia dan menemukan Pangeran Noctis.


Rasanya tidak perlu ada lagi yang saya jelaskan di sini.
Sisanya bisa ada tonton sendiri film paling EPIC di tahun 2016 ini. Final Fantasy XV Kingsglaive.

.  .  .

4 comments:

  1. Point yang saya kasih untuk film ini.

    Untuk plot cerita 89 coz keren banget. Para aktor yang bermain 85

    CGI-nya 95 Intinya kamu mesti mesti nonton.

    Totalnya kalian hitung sendiri. Hihihi..

    ReplyDelete
  2. bbrpa bln sblmnya sudh heboh akan kehadiran si kingsglaive, begitu nongol langsung sedot dan ditonton..
    gila plot nya, bkin hati panas melihat pengkhianatan dan perjuangan yg terjadi di insomnia..

    benar2 Epic, shg penasaran utk melihat kelanjutan kisah nya dlm the brotherhood FFXV. tp syg versi anime nya masih terasa kurang menarik

    http://kasamago.com/spirits-within-advent-children-dan-kingsglaive/

    ReplyDelete
  3. @ Gogo , kamu mesti nonton games nya Final Fantasy XV Noctis ntuh beuh KEREN banget!

    btw sudah lihat trailer Final Fantasy XV Omen belum, Aaaaaaaaaaaaaa... Extraordinary

    ReplyDelete
  4. Oh iya setelah nonton trailer itu Final Fantasy XV Omen

    HARUSnya mereka bikin film sendiri tentang Prince Noctis dan petualangannya. Aaaaaaaaaa...

    ReplyDelete