Wednesday, March 4, 2015

Badan Intelijen di Indonesia

By Ftrohx


Beberapa minggu belakangan ini, saya menjelajah internet dan mencari ada nggak sih karya fiksi anak muda yang membahas tentang dunia intelijen di Indonesia.

Dan saya menemukan beberapa cerpen dan cerbung action thriller yang mengambil tema Intelijen. Sayangnya, tulisan dari beberapa anak muda ini, tidak benar-benar mewakili badan intelijen atau dunia intelijen yang ada di Indonesia.

Tulisan mereka lebih kayak cerita-cerita Hollywood. Mungkin mereka memang kurang research atau karena faktanya memang masih sedikit referensi fiksi crime thriller asli Indonesia yang menggunakna tema intelijen. Jadi kebanyakan dari mereka menciptakan dunia intelijen (Indonesia) versi mereka sendiri yang jauh dari kenyataan, dan hasilnya kebanyakan agak mengecewakan.

Karena itu, di bawah ini saya ingin sedikit sharing apa yang saya tahu tentang badan intelijen di Indonesia.


1. BIN

Jika Amerika punya CIA, Inggris punya MI6, maka Indonesia punya BIN (Badan Intelijen Negara)

Ini bisa dibilang salah satu lembaga paling prestigeus yang ada di Indonesia, dan salah satu lembaga yang paling ditakuti di Era Orde Baru (bahkan sampai sekarangpun masih banyak orang yang merinding mendengar nama BIN)

Yang pernah saya dengar ada tiga cara untuk masuk ke dalam BIN, dari kalangan militer, kepolisian, dan dari sipil. Untuk orang sipil masuk ke sini ada yang namanya STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) yang berlokasi di Sentul, Bogor.

Tapi yang lebih menarik lagi, konon ada perekrutan khusus di mana mereka di rekrut dengan cara rahasia untuk menjadi agen rahasia. 


2. Baintelkam - Polri

Jika Amerika punya penyelidik FBI, maka Indonesia punya Baintelkam (Badan Intelijen Keamanan) Polri.

Saat membaca di perpustakaan, saya menemukan satu hal menarik tentang Baintelkam, pada awal tahun 2000-an lembaga ini sempat clash dengan BIN masalah koordinasi penangan kasus korupsi di sebuah lembaga pemerintah. Ini menarik, karena kasus ini rada mirip dengan cerita-cerita di film Hollywood, dimana terjadi clash antara penyelidik NYPD dengan FBI atau CIA.

Selain menjaga keamanan negara, Baintelkam pada awal tahun 2000-an juga menyasar kasus-kasus korupsi (mungkin karena saat itu KPK belum bersinar seperti sekarang)


3. BNN

Jika Amerika punya DEA, maka Indonesia punya BNN (Badan Narkotika Nasional)

Dahulu masalah Narkotika menjadi bagian dari Mabes Polri yaitu Dir. Reserse Narkotika Polri. Namun karena permasalahan Narkoba semakin parah, maka mereka membentuk lembaga sendiri yaitu BNN.

Saya telusuri lebih lanjut kebanyakan orang BNN adalah orang-orang kepolisian juga.


4. Densus 88

Dahulu masalah terorisme masuk ke BIN atau Baintelkam, sementara untuk urusan teknis seperti masalah Bom masuk ke Tim Gegana, namun karena tindak terorisme semakin marak di awal hingga pertengahan 2000an.

Maka pemerintahan membentuk lembaga khusus untuk menangani terorisme dari hulu hingga hilir yaitu Detasemen Khusus 88. Saya sendiri belum meriset kenapa mereka menamakannya Densus 88, bahkan seorang teman saya yang polisi pun bilang bahwa Tim Densus ini jauh lebih misterius daripada Baintelkam.


5. Sandi Yudha - Kopassus

Saya mengenal nama Sandi Yudha ini dari bukunya Om Es Ito,

Kopassus adalah pasukan khusus yang sangat terkenal di Indonesia, dan dari catatan Brahmantyo Anindito, Kopassus sudah setara dengan SAS (Special Air Service) pasukan khusus milik kerajaan Inggris.

Saya sendiri nggak pernah menduga kalau Kopassus punya tim intelijen sendiri, sampai baca novel Rahasia Meede dari Om Es Ito. Cara kerja mereka sendiri juga masih sangat misterius sama misteriusnya dengan Densus 88


6. INAFIS

Jika Amerika punya Tim CSI (Crime Scene Investigation), maka Indonesia punya INAFIS (Indonesia Fingerprint Identification System)

Untuk saya sendiri, nama INAFIS awalnya terdengar aneh, karena di Amerika juga ada Fingerprint Identification System atau AIFIS. Tapi AIFIS bukan sebuah lembaga atau tim penyelidik melainkan database dari para pelaku kejahatan yang tercatat di FBI. 

Tentang INAFIS sendiri, dia adalah bagian dari POLRI yang dulunya dikenal dengan nama Pus. LabFor Polri, kemudian entah bagaimana mereka membentuk lembaga sendiri dengan nama INAFIS.

Konsep INAFIS juga pada awalnya penuh kontroversi, mereka pernah dikritik Kompolnas karena sudah ada yang namanya Pus Labfor. Namun semakin ke sini, lembaga ini terus berjalan dan punya nama tersendiri.


7. PPATK

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan. Ini salah satu lembaga terkeren selain KPK dan POLRI, PPATK.

Dari wikipedia dituliskan bahwa Lembaga ini memiliki kewenangan untuk melaksanakan kebijakan pencegahan dan pemberantasaan pencucian uang sekaligus membangun rezim anti pencucian uang dan kontra pendanaan terorisme di Indonesia. 

PPATK memiliki kewenangannya untuk melihat rekening bank seseorang dan itulah yang membuatnya sangat terkenal.


8. KPK

Yang nggak pernah dengan nama KPK, pasti dia bukan orang Indonesia. Di negera lain rasanya nggak ada lembaga seperti Komisi Pemberantasan Korupsi Indonesia.

Amerika memang punya RICO Act atau Undang-undang yang sangat terkenal untuk menangkap koruptor dan mafia, tapi mereka nggak punya lembaga khusus untuk menangani korupsi seperti di Indonesia.

Bicara tentang KPK, ada ribuan mungkin sekarang jutaan artikel yang bisa anda cari di internet.


9. JAMI

Beda dengan nama-nama lain di atas, JAMI (Jaksa Agung Muda Intelijen) nama ini sangat jarang terdengar ataupun terekspose oleh media.

Tapi peran Jaksa Agung Muda Intejlijen nggak kalah pentingnya dengan peran KPK ataupun Polri, dalam menyelidiki kasus-kasus kriminal dan korupsi.  Dan bahkan beberapa kasus dari KPK pernah dialihkan ke JAMI termasuk kasus yang baru kemarin itu.


10 LSN

Lembaga Sandi Negara, nama ini juga jarang terdengar dan terekspose media.

Lembaga ini disebut juga dengan Badan Intelijen Signal-nya Indonesia, mereka sudah mengelola data dan bermain dengan bahasa komputer jauh sebelum microsoft didirikan.

Mereka jauh lebih tua daripada Kemenkinfo, dan konon para petinggi LSN menciptakan bahasa pemprograman mereka sendiri.


11 NCB Interpol.

Ini juga salah satu lembaga tinggi yang ada di Indonesia, namun jarang dikenal ataupun disebut orang, NCB (National Crime Bearue) atau Interpol Indonesia.

Tadinya NCB Interpol adalah bagian dari Divisi Hubungan International Polri, namun entah bagaimana mereka membentuk lembaga sendiri. 

Saya pernah sekali melihat kantornya di dekat Polres Jakarta Selatan, namun kemudian kantor itu pindah entah kemana. Bahkan saya pernah bertanya kepada teman saya yang polisi, dia bahkan nggak pernah mendengar ada nama NCB di Kepolisian.

.  .  .


Nb: untuk teman-teman muda yang ingin membuat cerita crime thriller, saya ingin bilang bahwa masih BANYAK BANGET hal yang bisa digali di Indonesia.

Masih banyak tema, banyak karakter-karakter, dan lembaga-lembaga khusus penyelidik yang belum disentuh para penulis muda.

Di atas ini hanya sedikit dari saya, mungkin teman-teman bisa menemukan lagi yang lain atau yang lebih detail di luar sana. Terakhir, membaca catatan ini semoga anda bisa memberi warna tersendiri bagi dunia crime thriller.

8 comments:

  1. Nice info, Bro.
    Btw, kalau kopasus punya intelijen sendiri, mungkin pasukan khusus lainnya juga punya intel ya? Kopasus itu pasukan khususnya angkatan darat. Indonesia punya 2 lagi pasukan khusus lagi yaitu Paskhas AU dan DenJaka AL.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Yups, bisa jadi Bang Ronny

    Saya juga masih mau riset lagi, soalnya beda dengan Amerika dan Inggris yang sudah bisa kita tahu semua dari film-film Hollywood, dunia intelijen Indonesia masih daerah yang samar

    ReplyDelete
  4. sebagai aparatur negara lain boleh ikut ga dan dirahasiakan menjadi spionase dalam pemerintahan kesatuan kerja daerah

    ReplyDelete
  5. sebagai aparatur negara lain boleh ikut ga dan dirahasiakan menjadi spionase dalam pemerintahan kesatuan kerja daerah

    ReplyDelete
  6. Nah loh,

    Wah pertanyaan anda cukup rumit,

    ReplyDelete
  7. Tadinya, saya kira anda bicara tentang Banyu Biru yg bekerja di Badan Intelijen Negara,

    ReplyDelete
  8. JAMI n NBC Interpol, dua unit ini baru mendengarnya.. nice share

    ReplyDelete