Wednesday, March 19, 2014

Penulis wajib punya Mind Palace


Penulis wajib punya Mind Palace
By Ftrohx


Ini benaran semua penulis, baik itu fiksi ataupun non-fiksi, penulis novel detektif ataupun cerita romance, dan sebagainya. Semua harus punya Mind Palace

Kenapa?

Iya, karena banyak hal, sederhananya karena memori otak saja tidak cukup untuk mencari atau menemukan catatan yang hilang.

Gw nulis ini karena tadi pagi gw agak panik.

Gw mencari catatan lama tentang The Next Mentalist di hardisk net book gw, makan waktu setengah jam.

Lalu setelah ketemu, gw baca ternyata ada yang hilang dari catatan gw.

Tentang 'Eksploit' Gw cari lagi apa itu 'eksploit' ? Makan waktu lama juga, tapi syukurnya ketemu sebelum jam 10 pagi.

Senior gw Putra Perdana bilang "Kalau ada ide-ide baru langsung di tulis dan kasih label dalam catatan, karena memori di otak akan terhapus secara sinafsis." 

Iya, sejak awal 2014 ini gw mulai mempraktekan hal itu. Gw menulis dengan label tanggal setiap hari.

Mind Palace sangat dibutuhkan karena tiap hari selalu ada informasi baru yang masuk otak kita, dan otak memilah-milih mana yang penting dan tidak penting.

Sayangnya terlalu banyak tumpukan sampah di otak membuat informasi yang penting menjadi kabur, karena tumpukan-tumpukan informasi yang nggak penting.

Contoh lain adalah curhatan teman gw, dia bilang dia mengulang petanyaan yang sama ke senior gw tentang log line yang ditulis.

Menurut gw bukan cuma itu, dia juga membuat banyak pengulangan di status wall facebook, hanya saja dia tidak menyadari itu.

Mind Palace memang menyeleksi apa yang penting dan apa yang tidak penting. Kalau yang tidak penting tidak usah di ingat.

Singkatnya kita mesti fokus pada sesuatu hal, tidak perlu besar tapi kita tekuni dan rangkai pengetahuan itu setiap hari.

Mind Palace nggak perlu lo mesti jadi orang genius, cukup lo mampu mengelola informasi yang keluar dan masuk ke dalam otak lo dengan cara benar.

Gw sendiri jujur kesulitan menguasai Mind Palace, tapi gw memindahkan Mind Palace ke harddisk Net Book, gw memberi label setiap catatan, setiap note

Memberi kode dan tanggal supaya mudah diingat dan dicari.

Inti nya Mind Palace adalah bagaimana elo mengelola catatan-catatan harian lo secara baik dan rapih, supaya mudah bagi elo sendiri untuk menemukannya kembali di saat genting.

.  .  .


Tips membuat Mind Palace di harddrive / harddisk versi Troh:

- Untuk catatan harian, biasanya file yang gw tulis gw beri judul angka / tanggal pada hari itu
Misalnya catatan pada  Januari 2014  gw beri judul 01 08 14 , 01 10 14 , dan seterusnya. Begitu juga dengan Febuari 2014 gw beri judul 02 07 14 , 02 12 14 , dst.

- Yang terpenting dari Mind Palace adalah lo mesti menciptakan kode / sandi lo sendiri yang mudah untuk lo terlusuri jika lo sedang butuh informasi itu.

- Kata sandi adalah kunci, tapi kadang kunci saja nggak cukup menemukan informasi yang sedang kita cari, karena itu lo mesti punya kunci cadangan. Di sini gw menyebutnya Mind Trigger, di saat lupa kata sandi atau di saat gw lupa judul yang harus gw temukan. Gw menggunakan mind trigger untuk menemukan judul itu.
Trigger itu bisa dua macam, yaitu musik atau gambar. Contoh di saat gw mendengar musik tertentu ingatan gw akan sampai ke tempat dan waktu tertentu sehingga bisa menemukan judul / gagasan yang gw cari. Baru setelah ketemu judulnya gw bisa menemukan folder dan file-nya.

No comments:

Post a Comment