Wednesday, May 25, 2016

Mencoba Memahami Blogger

By Ftrohx


Kelemahan terbesar gw adalah gw hanya menulis sesuatu yang gw antusias.

Gw punya banyak materi tulisan sebenarnya, namun gak semuanya membuat saya antusias. Beberapa novel atau film misalnya. Gw sudah nonton lama atau sudah baca lama, dan aneh baru gw review kemarin.

Masalah lainnya adalah mood-moodan, kadang ada waktu dimana kita benar-benar ingin menulis dan menyelesaikan sesuatu. Namun kadang ada waktu dimana kita rasanya males banget melihat layar komputer apalagi mengetik sebuah tulisan.

Itu kenapa blog ini agak lambat berkembang. Ckckck…

Tapi tetap gw berusaha menulis meski sempat beberapa bulan hiatus.

Melihat ke dalam, dapur saya -maksudnya bagian dalam blog, bagian page viewers sering membuat saya terkejut. Ada beberapa artikel di sini yang gw buat dengan harapan akan ada banyak viewers atau sekedar dapet viewers aja. Tapi aneh, beberapa judul yang nggak gw prediksi justru mereka yang mengambil sangat banyak viewers. Malah beberapa judul lain yang gw harapkan banyak viewers justru viewersnya sedikit. Seperti beberapa film keren yang gw review. Gw berharap mereka punya viewers yang banyak, namun ternyata standar aja.


Ok, gw mencoba mempelajari ini.

Beberapa artikel yang gw buat yang viewers nya banyak adalah artikel yang memiliki judul unik sekaligus fungsional. Dalam hal ini kumpulan informasi seperti artikel 'Penulis Novel Detektif di Indonesia', artikel 'Dracula dan Para Raja Vampir' dan artikel 'Penulis Crime Thriller di Indonesia'. Mereka punya banyak viewers

Namun terdapat juga anomali, misalnya pada artikel 'Plot Twist: Bagus vs Maksa'. Gw nggak nyangka artikel ini bisa punya banyak viewer. Dan review film Rurouni Kenshin: Legend End. Itu juga nggak kepikiran sama gw, kok bisa dapet banyak viewers? Belakangan gw nulis artikel-artikel review film tapi nggak ada yang semeledak artikel Rurouni Kenshin Legend End.

Sama seperti kemarin, gw nulis Captain America, namun ternyata gak sesignifikan itu.

Aneh gw masih mencoba memahami lagi kenapa?


Kemudian melihat ke blog dua teman gw. Irfan Nurhadi (BlacknWhite Detective) dan Sofwan Erwanda (Silent Detective). Blog mereka sudah ratusan ribu viewers. Gw mencoba memahami apa yang membuat blog mereka memiliki banyak viewers.

Dan tadi sore gw baru dapet pencerahan. Tentu saja blog mereka banyak viewers-nya. Karena artikel mereka kebanyakan adalah artikel bertema teka-teki. Terutama blog-nya Irfan. Selain Fandi Sido, tentu saja Irfan adalah penulis cerita detektif yang paling sering muncul di pencarian google. Artikel-artikelnya cukup rumit karena itu kebanyakan pengunjung web-nya (terutama orang awam) harus membaca berkali-kali artikelnya agar bisa paham apa yang disampaikan Irfan dalam hal ini kasus-kasusnya. Tentu saja, itu kenapa dia bisa mendapat banyak viewers. 

Namun beda lagi untuk kasusnya Sofwan Erwanda. Gw melihat dia menulis artikel-artikel yang jauh lebih sederhana. Dan jauh lebih singkat daripada blogger yang lain. Di sini laman blognya kebanyakan diisi oleh tips-tips membuat kode dan dasar-dasar ilmu kriptografi. Tapi di sini gw menemukan hal lain yang tidak ada di blog lain. Di sini jelas dia memiliki sesuatu yang lain yang blogger mediocre tidak miliki. Sesuatu yang tepat berada di depan mata gw yaitu judul blognya sendiri 'Silent Detective'.

Tentu saja, dengan judul Silent Detective. Dia bisa mendapat viewers yang sangat banyak. Karena judulnya ditulis dalam bahasa Inggris yang berarti menjangkau target pembaca luar negeri. Kebanyakan orang luar negeri lebih suka membaca (tentunya) daripada orang Indonesia. Dan itulah adalah keuntungan tersendiri ketika kamu menyasar pasar pembaca luar. Atau kebetulan kamu menulis judul dengan bahasa Inggris. Selain itu, “Silent Detective” juga merupakan paduan kata yang keren menurut saya untuk mesin pencari seperti google.


Masuk ke kesimpulan

Ada dua kunci kenapa dua teman saya ini memiliki viewers yang sangat banyak. Pertama artikelnya, judul yang unik beserta dengan konten yang enak untuk dibaca berkali-kali. Dan Kedua headline atau nama blognya. Ketika kamu punya nama blog yang bagus. Blog kamu akan berada paling atas di mesin pencarian google.

Ok segitu dulu analisa saya dan bisa jadi analisa saya masih kurang tepat. And mungkin teman-teman punya tambahan atau pendapat lain? Bisa ditulis di kolom komen, Hihihi… []
.  .  .

6 comments:

  1. Setuju, kadang artikel yg kita harapkan memiliki viewer tinggi ternyata tidak sesuai harapan. Sebaliknya artikel pendukung malah mendapat lebih banyak perhatian, karena keywordnya lebih umum. Apalagi ditambah kalau topik tentang artikel tersebut sedang hits.

    Tapi untungnya, artikel-artikel yang mendapat perhatian itu minimal membawa mereka ke blog kita dan benar seperti tulisan diatas, judul Blog benar-benar dapat menarik perhatian.

    Blog saya awalnya hanya untuk kepentingan kegemaran pribadi. Tak bermaksud mendapatkan atensi dari org lain.Tapi ternyata blognya mendapat respon lebih dari orang-orang yang mungkin memiliki kegemaran yang sama dengan saya. Silent Detective itu judulnya bahkan terinspirasi dari kata Silent Reader.

    Jadi tulisan diatas memang tepat, judul blog sangat berpengaruh.

    Nice Post !








    ReplyDelete
  2. "Tapi aneh, beberapa judul yang nggak gw prediksi justru mereka yang mengambil sangat banyak viewers. Malah beberapa judul lain yang gw harapkan banyak viewers justru viewersnya sedikit"

    Ini ane alamin di blog lma ane >>dwioktanugroho.wordpress.com, artikel yg ane bikin sekenanya, ala kadarnya dan g ngarep bnyk view eh malah jd hits n beberapa jd kontroversial smpe ane utk pertama kalinya dihujat, dihabisi, dll olh pngunjung.

    Klo blog kita menarik bnyk pengnjung, rame, mood menulis bakal terus berkibar.. ada kebanggaan disini.

    btw, judul blog mngkin dbkin yg enak didengar n diucap. kya Holmes ato wayne..

    ReplyDelete
  3. @ Geniones , Wow, thanks you sudah mampir,

    Oh jadi Silent Detective dari Silent Reader, gokil !

    ReplyDelete
  4. @ Gogo , saya setuju dengan kata-kata ini "Klo blog kita menarik bnyk pengnjung, rame, mood menulis bakal terus berkibar.. ada kebanggaan disini."

    Hahaha...

    btw Thanks you

    ReplyDelete
  5. True. Untuk blog saya kebanyakan yg ngunjungi itu dari keyword teka-teki detektif. Dulu pas jaman aktif-aktifnya blog saya, banyak bgt yg ninggalin komen n diskusiin jawaban dari teka-teki, trus saya juga ninggalin komen yg ngejelasin jawabannya, ada yg blm puas, diskusi lagi. And so on.

    Dari situ mungkin kecatet postingan mana yg traffic-nya rame dan postingan itulah yg ditampilkan mbah google ketika ada yg pake keyword "teka-teki detektif" yg pada akhirnya menambah jumlah hits di blog saya.

    Selain itu dulu ada beberapa pembaca setia juga sih, jadi pengunjung yg masuk perminggunya rata2 stabil. Gak kaya sekarang, wkwk..

    ReplyDelete
  6. Yoi, ada Irfan, hihihi...

    Teka-teki detektif memang judul blog yang tepat dengan konten-nya.

    btw kemarin kita ngumpul sama Detective ID n ngomongin blognya Irfan juga, hahaha...

    ReplyDelete