Tuesday, September 6, 2011

Diagnostik Psikopat I

Diagnostik Psikopat I

Terjemahan dari wikipedia by Ftroh.





Pertama-tama sedikit pelajaran tentang apa yang disebut Psikopat, atau dalam bahasa English disebut Psychopath, adalah Penyakit kejiwaan dimana seseorang kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap oranglain, kurang memiliki atau tidak memiliki rasa bersalah terhadap oranglain atau sesuatu yang telah mereka sakiti atau lukai, penyakit kejiwaan dimana seseorang kurang memiliki rasa empati atau tidak memiliki rasa empati sama sekali. Mereka membuat rasionalisasi atau pembenaran terhadap perbuataan mereka (rasa sakit yang mereka perbuat terhadap oranglain). Atau dengan kata lain mereka terkesan egocentric.”



“Mereka juga memiliki semacam kepuasaan sendiri setelah menyakiti oranglain, dan mereka melakukan pembenaran terhadap hal itu !”



Ok pertama-tama kita membutuhkan diagnostic apakah orang ini psikopat ? menurut Wikipedia ada dua cara mengetahui cirri seseorang psikopat, cara Hollywood dan cara Psikologi, pertama cara Hollywood dulu yaitu;



1. Tentu cirri-ciri pertama Psikopat versi Hollywood adalah High Intelligence, memiliki kecerdasaan tinggi diatas manusia normal, mereka bisa jadi adalah seorang professional dalam bidang-bidang tertentu, ataupun beberapa bidang tertentu seperti Musik, Fine Art, science, linguistik, dan lain sebagai nya.



2. Biasanya merupakan orang berpenampilan menarik, seorang fashionista, seorang yang stylish, keren dan glamor.



3. Orang ini memiliki Prestige, strata atas, seorang yang sukses dalam kariernya, muda dan bergaya.



4. Dia adalah tipe orang yang tenang dalam menghadapi berbagai permasalahan, selalu memperhitungkan segala sesuatu, detail sampai ucapan semua sangat terkendali, semua nya begitu sempurna, dia akan sangat marah kalau ada sesuatu hal kecil yang salah.



5. Dia memiliki Kemampuan untuk membunuh orang yang bisa dibilang tidak realistic, kemampuan diatas manusia normal, terkadang kemampuan membunuhnya dapat melampaui kemampuan beberapa orang penjahat di dunia nyata.





Selanjutnya dari sudut pandang psikologis, biasanya dengan Diagnostik standar, Cleckley Checklist ; 16pengujian criteria bahwa seseorang adalah Psikopat ;



1. Apakah tersangka ini sangat menarik? Sangat mempesona? dan sangat pintar secara test Intelegensia ?



2. Apakah orang ini memiliki semacam delusi, suka berkhayal ? dan tanda-tanda berpikir irasional ?



3. Apakah orang ini memiliki masalah gugup, atau masalah latah ?



4. Apakah orang ini tidak bisa diandalkan ?



5. Apakah orang ini terlihat bisa dipercaya, memiliki kejujuran atau tidak sama sekali ?



6. Apakah orang ini memiliki tidak memiliki rasa bersalah, atau rasa malu ?



7. Apakah orang ini memiliki motivasi untuk melakukan tindakan antisocial ?



8. Apakah orang ini selalu salah dalam menilai, atau menjudge seseorang ? dan apakah dia gagal belajar dari pengalaman hidup nya ?



9. Apakah orang ini egocentric pikiran nya terlalu melihat dirinya sendiri /termasuk mementingkan dirisendiri dalam segala hal ? dan apakah orang ini bukan tipe yang bisa mencinta secara normal ?



10. Apakah orang ini miskin atau kaku dalam interaksi, atau reaksi emotional normal ?



11. Apakah orang ini gagal dalam pendekatan social secara normal ?



12. Apakah orang ini tidak memiliki respons dalam hubungan antar personal secara umum ?



13. Memiliki kebiasaan yang luar biasa, dan kebiasaan tidak tergantikan dengan minuman keras, obat-obatan atau semacamnya ?



14. Pernah melakukan percobaan bunuh diri ?



15. Kehidupan seks nya apakah pernah melakukan hubungan sex bebas, hubungan sex dengan lebih dari satu orang bersamaan, atau hubungan sex sesama jenis ?



16. Pernah gagal untuk mengikuti, atau dalam berbagai rencana hidup yang telah dia rencanakan atau buat sebelum nya ?

No comments:

Post a Comment