Tuesday, September 6, 2011

Twisted Scenario dan BLEACH

Twisted Scenario dan BLEACH

by Ftroh





Apa itu Twisted Scenario, Ok gw akan cerita tapi versi dari pengalaman gw tentang genre ini. Twisted Scenario yaitu cerita yang rumit di mana sebuah kisah atau plot dengan tujuan awal A. kemudian ke B. kemudian ke C. dan kembali lagi ke A. Atau misalkan sang tokoh utama telah mengetahui atau menduga siapa pelaku / penjahat utama nya yaitu A. ternyata penjahat nya di ketahui adalah B. tapi di balik seorang B. ternyata ada C. yang bertanggung jawab dan diatas C ternyata kembali tokoh A. merupakan Boss utamanya.



Bukan hanya untuk siapa tokoh penjahatnya. Twisted scenario juga bisa berarti apa tujuan sang penjahat. Contoh singkat dari novel Lincoln Rhyme : VanishedMen. Sang Penjahat bernama the Vanished Men seorang ilusionis yang di buru oleh Sang Detective bernama Lincoln Rhyme melakukan pembunuhan secara acak dengan berbagai teknik mutilasi yang berhubungan dengan trik sulap. Lincoln Rhyme menemukan petunjuk kemana arah tujuan sang VanishedMen yaitu menghancurkan sebuah Sirkus ternama dengan memasang Bomb waktu pada malam pertunjukan tersebut. Ternyata Bom itu tidak meledak dan tidak membakar tenda Sirkus. Kemudian Rhyme menemukan petunjuk lain tujuan Sang ilusionis adalah membalas dendam keluarga Milyuner yang telah menghancurkan karier nya yaitu dengan menculik anak sang Milyuner ternyata penculikan itu bisa di cegah oleh Rhyme. Penculikan hanya pengalihan bagi sang Ilusionis untuk membebaskan seorang penjahat International dari dalam penjara berpengamana tinggi. Ilusionis berhasil di cegah dan mati di sebuah gang

di dalam penjara. Ternyata ilusionis sengaja membuat dirinya seorang mati di gang tersebut untuk mengecoh Rhyme dari tujuan sebenarnya yaitu menghancurkan Sirkus dengan Bom Mobil. Kembali lagi ke tujuan awal yang ternyata tujuan tersebut adalah tujuan yang sebenarnya.



Contoh kongkrit Twisted Scenario lain yang sedang gw baca adalah BLEACH lost arc agent. Yang di mulai dari chapter 424 dan yang terbaru sampai chapter 458. Singkat cerita Bleach new arc di mulai pada chapter 424 di mana muncul karakter baru misterius bernama Ginjou yang juga memiliki Shinigami Badge yang mirip seperti yang di miliki Ichigo. Di chapter selanjutnya Ginjou tiba-tiba muncul di tempat kerja Ichigo mengaku mencari Isshin Kurosaki (Ayahnya Ichigo). Keesokan hari nya Ishida (teman Ichigo) di serang oleh seseorang yang memiliki kekuataan super yang belum terdeteksi. Ichigo tidak tau siapa musuh baru yang muncul di Karakura Town dalam kebingunggannya Ichigo menghubungi Ginjou dan Sang pria misterius ini menjelaskan tujuannya untuk membangkitkan kembali kekuataan Shinigami Ichigo untuk dapat bertarung melawan sang musuh misterius. Di tempat Ginjou juga muncul Chad (sahabat Ichigo) Ginjou bercerita banyak tentang seseorang bernama Tsukushima yang mungkin menyerang Ishida.



Beberapa hari kemudian Ginjou dan teman-temannya melatih Ichigo untuk membangkitkan kekuataan Shinigami nya dalam hal ini menggunakan dengan cara yang berbeda yaitu Fullbring. Di saat training kedua di mana Ichigo mulai menguasai Fullbring tiba-tiba Tsukushima muncul dan menyerang Ginjou dan teman-temannya termasuk menyerang Ichigo. Dari pertarungan ini Ichigo dan Ginjou mulai mengetahui kekuataan Tsukushima, sayangnya Ichigo belum benar-benar bisa mengaktifkan Fullbringnya dan terpaksa Ichigo di selamatkan oleh Yukio (temannya Ginjou) ke dalam Console game nya. Di dalam Console Game Yukio, Ichigo dilatih habis-habisan oleh Ginjou lebih tepatnya Duel hidup-mati. Ginjou membuat Ichigo terluka parah dalam sesi Latihan untuk bisa membangkitkan Fullbring. Ginjou berkata kepada Ichigo bahwa dia bukanlah orang baik dia adalah sang penjahatnya. Sampai disaat-saat paling kritis Ichigo berhasil membangkitkan kekuataan asli Fullbring dari badge nya. Masih di hari yang sama di malam yang sama. Ichigo kembali ke rumahnya dan mendapati di sana Tsukushima sedang duduk santai di sofa miliknya. Sang Penjahat misterius ini selalu muncul tiba-tiba dengan scene yang tak terduga. Semua teman Ichigo ada di sana dan mengenali Tsukushima sebagai bagian dari kehidupan pribadi mereka sebagai teman sahabat bahkan cinta yang selalu ada sejak dulu. Peristiwa ini membuat Ichigo Shock dan Frustasi dia hanya bisa berlari keluar dan secara kebetulan bertemu Ginjou.



Sang Pria misterius seperti seorang westle-pro ini bercerita bahwa teman-temannya (Yukio dan lainnya) telah terkena efek dari Fullbring nya Tsukushima. Ginjou menganalisis kemampuan milik Tsukushima yaitu Pedang yang mampu memasukan eksistensi ke dalam masalalu seseorang dan mempengaruhi memori korbannya. Secara tiba-tiba Yukio muncul di tengah percakapan dan mendesak mereka untuk menyerah, Dengan tanpa perlawanan Ichigo dan Ginjou mengikuti Yukio ke sebuah Villa di dalam Hutan. Di sini ternyata ada kejutan untuk Ichigo semua teman-temannya berkumpul di Villa ini bersama Tsukushima. Ichigo berlari ke lantai dua Villa di sana dia bertemu dengan teman-teman nya Ginjou yang juga telah terpengaruh oleh Kekuataan Tsukushima. Tiba-tiba terdengar ledakan lalu Ginjou muncul berkata “tangga utama sudah di hancurkan jadi teman-teman Ichigo tidak akan bisa keatas sini. Bertarung lah Ichigo?”



Ichigo menggunakan Fullbring nya menebas lengan Tsukushima. Kembali kejutan hadir sebuah kejutan yaitu Inoue yang memperbaiki lengan Tsukushima dan Chad yang secara cepat lalu menyerah Ichigo. Sementara Ginjou berhadapan dengan Rekan-rekan nya sendiri plus muncul anakbuahnya Tsukushima yang memiliki senjata kepala tinju ‘jackpot knuckle’. Ichigo yang tidak bisa bertarung dengan sahabatnya sendiri Chad dan Inoue kehilangan konsentrasi dan nyaris di tebas oleh Tsukushima. Dari belakang Ichigo muncul Ginjou yang menyelamatkannya dari tebasan Tsukushima. Ginjou terjatuh di atap dan masih bisa berdiri dia menjelaskan bahwa efek dari Tebasan Tsukushima sepertinya belum di aktifkan atau mungkin efeknya berbeda untuk setiap korbannya. Tiba-tiba Ishida muncul dan mengarahkan Panah ke arah Ichigo. Ishida berkata agar Ichigo pindah ke sisi nya. Sementara Ichigo tidak bisa mempercayai Ishida yang telah terkena tebasan Tsukushima. Lalu Ishida berteriak bahwa orang yang telah menebasnya adalah orang yang berdiri di belakang Ichigo. Orang yang menebas Ishida bukan lah Tsukushima melainkan Ginjou. Sang pria misterius tersenyum mengerikan dan menebaskan pedangnya ke tubuh Ichigo. Ginjou adalah penjahat yang sesungguhnya.

No comments:

Post a Comment